Selasa, 09 Desember 2014

Urap Khas Aceh


Bahan bahannya:
Kacang tanah, goreng, lalu tumbuk
Daun singkong (pilih yang muda)
Kacang panjang
Udang, direbus
Kelapa setengah tua (kelapa untuk urap), parut
Cabai merah giling
Bawang merah
Bawang putih
Jahe
Asam sunti
Garam
 Cara Membuat:
1. Semua sayuran dicuci bersih, potong-potong dan rebus. Sisihkan.
2. Bawang merah dan bawang putih serta jahe digiling, aduk rata dengan parutan kelapa urap dan cabai merah. Tambahkan udang rebus, giling lagi sampai halus.
3. Masukkan asam sunti dan garam, aduk rata dengan kacang tanah yang sudah ditumbuk.
4. Sajikan dengan sayuran yang sudah disiapkan.

Catatan:
Merebus Daun Singkong: Bila kamu asal-asalan merebus daun singkong, rasa daun akan pahit dan tidak enak dimakan. Tips memasak daun singkong supaya tidak pahit adalah remas-remas daun singkong dengan garam, lalu bilas dengan air dan masukkan ke dalam wadah berisi air dan jerang sampai mendidih dan daun singkong menjadi empuk. Buang air rebusan dan daud singkong siap diolah menjadi masakkan yang kamu inginkan.
Merebus Kacang Panjang: Jika kamu merebus kacang panjang terlalu lama maka kacang panjang akan terasa pahit. Tips untuk memasak kacang panjang adalah, potong-potong kacang panjang dan masak kacang panjang dengan air sampai kira-kira 3/4 matang. Tiriskan kacang panjang dan siram dengan air es. Kacang Panjang akan tetap renyah dan warnanya tetap hijau.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ulon tuan preh kritik ngoen nasihat jih. Maklum ulon tuan teungoh meuruno.

Seulamat Uroe Raya

Admin Blog Atjeh Pusaka mengucapkan Seulamat Uroe Raya Idul Fitri 1 Syawal 1441 H... Neu peu meu'ah lahee ngon batein...