Selasa, 25 Juni 2019

Forum Bersama Investigasi LSM dan Media Aceh Tamiang Terbentuk


Aceh Pusaka - Aceh Tamiang 
Para Pegiat Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), Para Jurnalis media cetak dan online serta Lembaga Bantuan Hukum (LBH) yang bertugas di Aceh Tamiang sepakat membentuk wadah yang dinamakan Forum Bersama Investigasi LSM dan Media Kabupaten Aceh Tamiang. Forum tersebut terbentuk dalam sebuah diskusi yang berlangsung di warung Kopi Tamiang, jalan Mayjen Sutoyo, Kede Bawah, Kota Kuala Simpang, pada hari Kamis (20/6/2019).

Pada pertemuan tersebut M. Rotuah sebagai penggagas pembentukan Forum menyampaikan, bahwa tujuan kegiatan ini diantaranya  sebagai partisipasi aktif dalam rangka ikut membantu Pemerintah Daerah memajukan Kabupaten Aceh Tamiang.

Diskusi dalam penetapan nama Forum beserta pemilihan Koordinator  berjalan cukup demokratis dan alot, hal ini terlihat dari saran dan masukan dari masing-masing peserta diskusi yang hadir.

Akhirnya peserta diskusi menyetujui serta memutuskan sebuah  nama  yakni Forum Bersama Investigasi LSM dan Media Kabupaten Aceh Tamiang, disingkat dengan FBI LSM & Media.
Juga secara aklamasi peserta diskus sepakat mengangkat Kepala Biro Suara Reformasi Kabupaten Aceh Tamiang Amnurdani sebagai Koordinator Forum, Reki Ilham dari Tamiang News sebagai Sekretaris, dan Ketua LSM Penegak Keadilan Kabupaten Aceh Tamiang Ahmad Ruslim, SH selaku Bendara.


Dalam diskusi tersebut juga merumuskan langkah awal FBI yaitu, akan melakukan Kunjungan resmi serta akan menyurati pihak - pihak terkait, diantaranya Bupati Aceh Tamiang, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Aceh Tamiang, Kapolres Aceh Tamiang, Dandim 0117/Aceh Tamiang, dan Kepala Kejaksaan Negeri Aceh Tamiang. Untuk memperoleh informasi dan dukungan dalam melakukan kegiatan investigasi, terkait dengan kegiatan  Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang, melalui Kepala Bagian Pemerintah Mukim dan Gampong pada Bulan Januari Tahun 2013 yang berencana akan menggabungkan sejumlah Kampung di Aceh Tamiang dengan yang lainnya, dengan alasan karena jumlah penduduk minim yaitu kurang dari 500 KK atau 1.000 jiwa, serta sejauh mana pengguna Anggaran Dana Desa di setiap Kampung.

Hadir dalam pembentukan Forum ini antara lain, Ketua LSM ADAS Institute, Adriansyah, Ketua Cso Lebam Madani, Alvin Syahrin, Ketua LSM Front Penegak Keadilan Kabupaten Aceh Tamiang Ahmad Ruslim, SH, Kepala Biro Surat Kabar Harian Metro Langkat, M.Rotuah  Kepala Biro Media Harian Suara Reformasi Kabupaten Aceh Tamiang Amnurdani, Kabiro Media Online Meuligo Aceh News Kabupaten Aceh Tamiang, Zulkarnaen,  Wartawan Tamiang News, Reki Ilham, Kepala Biro Surat Kabar Jangka Pos, Aceh Tamiang Eri Evandi, serta Advokat Lembaga Bantuan Hukum APIK, Raja Pangihutan, SH,
(ADR)

1 komentar:

Ulon tuan preh kritik ngoen nasihat jih. Maklum ulon tuan teungoh meuruno.

Seulamat Uroe Raya

Admin Blog Atjeh Pusaka mengucapkan Seulamat Uroe Raya Idul Fitri 1 Syawal 1441 H... Neu peu meu'ah lahee ngon batein...