Jumat, 16 November 2018

Kadistanbun Aceh Mengikuti Kortekrenbang 2020 di 23 Kabupaten-Kota


Atjeh Pusaka - Banda Aceh | Bappeda Aceh menggelar forum Koordinasi Teknis Perencanaan Pembangunan (Kortekrenbang) tahun 2020 di seluruh Aceh.

Kegiatan Kortekrenbang 2020 dilakukan secara langsung dengan SKPK daerah ini bertujuan untuk mengajak SKPA dan SKPK di kabupaten/kota menyiapkan diri sejak n-2 (2018) untuk menghadirkan Musrenbang sebagai Milestone atau tonggak menghadirkan perencanaan 2020 yang berkualitas.

Melalui Kortekrenbang, juga mendorong kesamaan persepsi untuk terbangunnya singkronisasi antara SKPA dan SKPD sehingga dapat mencapai target RPJM.

“Pada Musrenbang, pembahasan usulan program/proyek/kegiatan sudah menggunakan pendekatan satuan lima, ” kata Azhari Hasan dalam paparannya.

Dijelaskan, dengan satuan lima dapat lebih rinci diketahui jenis belanja dan juga besaran belanja modal yang berguna bagi publik.

Juga dapat mengetahui lebih awal outcome dari program. Begitu pula antara perencanaan dan penganggaran akan lebih konsisten, serta terjamin perencanaan berbasis data sebagai syarat terwujudnya evident based planning.

“Sejak hari ini dan seterusnya akan digelar Kortekrenbang di seluruh kabupaten-kota, ” kata Azhari Hasan, saat menyampaikan sambutannya di Kortekrenbang, Bireuen, Senin (12/11).

Khusus hari ini Kortekrenbang digelar di Banda Aceh, Bireuen, dan Aceh Jaya. Berikutnya akan digelar beberapa kabupaten-kota lainnya secara bertahap.

Setelah di Bireuen, Kepala Bappeda akan kembali menghadiri acara yang sama di Lhokseumawe dan Aceh Utara.

Peserta Kortekrenbang adalah seluruh SKPK masing-masing daerah dan SKPA yang memiliki program/kegiatan prioritas, yang pencapaian sasarannya harus mendapat dukungan dari kab/kota..

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bireuen, Zulkifli dalam sambutannya mengingatkan pentingnya untuk melakukan upaya yang signifikan untuk mengefektifkan pengelolaan pada hasil dan dampak luar biasa guna menurunkan kemiskinan, meningkatkan pendapatan masyarakat serta menciptakan lapangan kerja untuk mengurangi pengangguran di Aceh.

“Karena itulah perlu tindaklanjut untuk menyusun perencanaan pembangunan tahun 2020 secara tepat waktu dan berkualitas,” kata Setda Kabupaten Bireuen sebelum membuka acara.


Kortekrenbang di Bireuen ikut juga diihadiri Kepala Dinas Pengairan, Mawardi dan Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan, A Hanan. Usai acara, ketiganya mengunjungi lokasi D. I Mon Seuke Puleut dan D. I Alue Geurutut, Bireuen.

Acara Kortekrenbang dihadiri oleh 12 wakil SKPA dan SKPK masing-masing kabupaten. Untuk tahap pertama 12-15 November berlangsung di 11 kabupaten/kota yaitu di Banda Aceh, Aceh Besar, Pidie dan Pidie Jaya. Aceh Jaya, Aceh Barat, dan Aceh Barat Daya. Juga Bireuen, Lhokseumawe, dan Aceh Utara. Tahap berikutnya akan berlangsung pada 27 November sd 7 Desember 2018.

Untuk tahap pertama Kepala Bappeda Aceh, Azhari Hasan menghadiri langsung Kortekrenbang di Bireuen, Lhokseumawe dan Aceh Utara 12-14 November 2018.

Artikel ini telah tayang di www.acehtrend.com dengan judul Bappeda Aceh Gelar Kortekrenbang 2020 di 23 Kabupaten-Kota

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ulon tuan preh kritik ngoen nasihat jih. Maklum ulon tuan teungoh meuruno.

Seulamat Uroe Raya

Admin Blog Atjeh Pusaka mengucapkan Seulamat Uroe Raya Idul Fitri 1 Syawal 1441 H... Neu peu meu'ah lahee ngon batein...